DNA sekarang bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam menanggulangi penyakit pembunuh nomor satu didunia. Penyakit pembunuh nomor satu didunia ini adalah kanker. Saat ini kanker menjadi penyakit mematikan nomer satu di dunia. Berdasarkan catatan WHO, kanker menyumbang 13 % sebagai penyebab kematian diseluruh dunia. 




WHO memperkirakan akan ada 84 juta orang yang meninggal dunia dalam rentang waktu 10 tahun dari 2005 hingga 2015. Sebanyak 80 % orang yang meninggal karena penyakit kanker terjadi pada negara dengan tingkat penghasilan yang rendah. Sedangkan Indonesia sendiri termasuk negara dalam daftar pengidap penyakit kanker terbesar didunia.

Perkembangan DNA Menjadi Robot

Dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang terkena penyakit kanker dan diimbangi dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Seakan membuat para ilmuwan dan peneliti semakin gencar untuk melakukan berbagai eksperimen. Saat ini para ilmuwan telah berhasil membuat sebuah nanorobot yang terbuat dari molekul DNA.

Nanorobot ini memiliki ukuran yang sangat kecil bahkan berada dalam skala nano. Proyek ini didukung oleh New York Columbia University dengan mengembangkan nanorobot berbentuk laba-laba. Dengan ukuran sangat kecil yakni sekitar 4 nanometer. Bayangkan sebuah benda yang lebih kecil 100.000 kali dari rambut Anda. Harapannya robot ini nantinya dapat berjalan sepanjang lintasan.

Nanorobot Pembasmi Kanker


Robot akan dapat dibuat berjalan menggunakan alur sesuai urutan DNA, yang bisa berbelok ke kanan dan ke kiri sesuai dengan jalur lintasan. Dengan kemampuan untuk dapat mencatat sebuah tanda penyakit pada permukaan sel lalu selanjutnya menentukan apakah sel tersebut kanker atau bukan. Jika memang terdeteksi bahwa ia kanker maka robot laba-laba tersebut akan membasminya.

Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan memberikan senyawa untuk membunuh sel kanker. Dengan mikroskop berkekuatan atom para peneliti menggunakannya untuk melihat apakah robot tersebut berjalan atau tidak. Sebuah pencapaian luar biasa karena ini adalah pertama kalinya sebuah mesin nano digunakan dalam sebuah operasi. Kemajuan yang sangat penting dalam teknologi nano maupun teknologi DNA.


0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
iTEKNOPEDIA © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top