Bulan menjadi benda antariksa yang sangat dikenal di bumi selain matahari. Bahkan, benda langit yang satu ini selalu menjadi objek yang dikaitkan dengan keindahan, ketenangan, dan sebagai penerang di malam hari walaupun benda langit yang satu ini hanya memantulkan cahaya yang ia terima dari matahari. Bulan atau satelit alamibumi ini rupanya ternasuk ke dalam daftar satelit alami terbesar selain empat satelit lain yang mengelilingi planet selain buiu. Mau tahu informasinya? Ini dia satelit terbesar antariksa.

Siapa sih yang tidak mengenal satelit yang satu ini? 

Bulan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan moon ini adalah satelit terbesar kelima yang memiliki diameter 3.474 km. Satelit yang biasa kita lihat di malam ini merupakan satu-satunya satelit yang pernah didatangi manusia. Di bulan tidak terdapat air dan udara. Hal ini menyebabkan banyak kawah di sana tetap utuh hingga usia jutaan tahun. Yang uniknya lagi adalah tidak ada satu suara pun yang dapat terdengar di bulan karena tidak adanya udara.

Io adalah satelit terbesar keempat di antariksa yang memiliki diameter 3.642km. satelit ini mengelilingi planet terbesar, yaitu Yupiter. Keistimewaan Io adalah status geologisnya yang paling aktif di tata surya karena Io memiliki 400 gunung berapi aktif.



Callisto adalah satelit terbesar ketiga dalam tata surya yang mengelilingi planet Yupiter. Satelit ini ditemukan pada tahun 1610 olehGalileo Galilei. Nama satelit ini diambil dari bahasa Yunani yang merupakan nama dari putri Likaon.


Titan adalah satelit kedua terbesar dalam tata surya. Satelit ini mengelilingi planet Saturnus dan ditemukan oleh astronom Belanda bernama Christian Huygens. Keistimewaan Titan adalah kandungan atmosfer dan zat kimia yang ada di sana. Dari bumi, kita dapat melihat Titan dengan menggunakan teleskop atau teropong. Di Titan juga terdapat kurang lebih dua puluh danau yang terdiri atas danau maria (laut) dan danau kecil (lacus).




Ganymede, ini dia satelit terbesar di antariksa yang merupakan satelit milik planet terbesar, Yupiter. Satelit yang disebut juga Yupiter III ini memiliki luas 87,0 juta km. permukannya banyak ditemukan es air. Satelit ini ditemukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610. Ganymede tersusun atas batu silikat dan es cair. 200 meter di bawah permukaannya terdapat samudra air asin yang diapit lapisan es.


*source

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
iTEKNOPEDIA © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top