Hal terpenting dalam mendatangkan banyak trafik adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu kata-kata apa yang banyak pencariannya melalui search engine dan inilah langkah awal kita atau langkah pertama kita dalam melakukan teknik SEO. Teknik yang lebih dikenal dengan nama “Research Keyword”.

Tahap 1 : Research Keyword

Ini adalah langkah pertama sekaligus langkah terpenting dalam memulai atau membangun situs Anda. Cara ini tujuannya adalah menemukan atau meriset sebuah kata kunci yang berpotensi mendatangkan banyak trafik kedalam situs kita tetapi masih sedikit kompetisi disana, sehingga teknik SEO kita nanti tidak akan terlalu sulit. Untuk me-riset sebuah kata kunci saya menggunakan google keyword tools external.

1. Pertama saya akan buka Google keyword Tools External

2. Jika Anda mempunya Akun google, silakan sign-in terlebih dahulu. kemudian selanjutnya saya akan menentukan niche yang akan saya targetkan. Untuk menentukan niche, anda bisa memulainya dari sesuatu yang anda ketahui atau apa yang menjadi hobby Anda terlebih dahulu. Disini saya akan memilih niche “membuat blog”. Karena menurut saya untuk “blog” sendiri adalah sesuatu yang bersifat Online, artinya setiap orang yang akan mencari sesuatu tentang “blog atau membuat blog” kemungkinan besar mereka akan mencarinya di search engine.

3. Kemudian saya klik bagian “advance option & Filter”. Lalu saya pilih untuk Locations > Indonesia dan Language > Indonesia ( karena yang saya bidik market local )

4. Pada bagian “filter” saya setting Global Monthly Searches > 500 (karena saya mau trafik yang lumayan banyak dari search engine). Kemudian saya klik “search”
5. Selanjutnya Google akan memberikan saya ide-ide (Keyword Ideas) untuk saya pilih sebagai keyword blog saya nantinya.
6. Langkah selanjutnya, saya akan pilih 10 – 15 kata kunci yang diberikan google tersebut, dengan cara saya check/centang untuk kata kunci yang saya akan pilih.

7. Setelah saya memilih 10 buah kata kunci yang diberikan google, saya download terlebih dahulu kata kunci yang saya pilih/centang tadi. Kemudian saya simpan dalam CSV file. Setelah file didownload lalu file tersebut saya buka dan saya copy kata kunci yang saya download tadi.

8. Selanjutnya setelah saya copy, kata kunci tersebut saya paste kembali kedalam kotak “word or phrase” untuk saya riset lagi kata kunci tersebut.

9. Saya pilih Match Types pencarian menjadi tipe [Exact].

10. Selanjutnya akan ada perubahan pada kotak “search term”. Pada bagian ini saya akan filter lagi keyword-keyword tersebut sehingga saya mendapatkan keyword yang memiliki potensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang masih bisa untuk saya bersaing dengan cepat menggunakan teknik SEO saya nanti.

11. Disini saya mempunyai batasan-batasan didalam menentukan atau memilih sebuah keyword, Anda juga bisa gunakan cara ini.

12. Jadi keyword yang saya pilih tadi akan saya filter lagi berdasarkan keyword funneling rules diatas. Cara nya saya buka terlebih dahulu google.co.id (karena saya bidik market local). Kemudian saya paste keyword yang akan saya analisa. Disini saya pilih “panduan membuat blog”

13. Dari hasil pencarian untuk tipe “broad” menunjukan nilai 3.350.000. nilai ini masih masuk untuk peraturan pertama saya yaitu broad keyphrase < 5.000.000.
 14. Saya lanjut lagi untuk peraturan kedua yaitu Exact Keyphrase < 1.000.000, dan pencarian Exact untuk kata kunci “panduan membuat blog” menunjukan nilai 220.000, dan syarat ini juga memenuhi dari peraturan tersebut.
15. Selanjutnya saya lakukan filter lagi untuk keyword intitle, karena saya ingin tau berapa banyak yang menggunakan keyword tersebut di title page atau title blog nya. Sesuai peraturan diatas keyword intitle saya batasi harus < 50.000. dan hasil pencarian menunjukan nilai 11.700, jadi syarat ini juga memenuhi ( < 50.000 ).
16. Saya juga ingin tau berapa banyak yang menggunakan keyword tersebut pada domain ataupun Url nya. Dan hasil pencarian saya menunjukan nilai 7.630 untuk keyword inurl, hasil ini juga memenuhi syarat yaitu < 25.000.
17. Dan yang terakhir saya juga akan mencari tau berapa banyak yang menggunakan keyword “panduan membuat blog” pada title dan url nya,, dan hasil pencarian menunjukan nilai 5.980, hasil ini memenuhi persyaratan saya diatas yaitu < 10.000.

18. Setelah melakukan beberapa filtering diatas maka untuk keyword ”panduan membuat blog” telah sesuai dengan kriteria keyword yang saya inginkan, yaitu memiliki potensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang bisa untuk saya bersaing disana. Tentu saja tidak, saya akan melakukan beberapa analisa kompetitor untuk benar-benar memastikan bahwa perkerjaan SEO saya nanti akan mudah, dan cepat mendominasi halaman pertama untuk keyword yang saya targetkan.

19. Setelah saya mendapatkan keyword yang sesuai dengan kriteria saya diatas, maka saya akan melakukan Analisa kompetitor halaman pertama dan halaman kedua google tersebut. Disini saya ingin melihat siapa saja kompetitor saya. Dari hasil tersebut bisa dilihat kalau di halaman pertama tersebut yang mendominasi kebanyakan sebuah “blog” dan ini kabar baik untuk saya, karena jika terlalu banyak “authority site” dihalaman pertama, maka saya akan kesulitan untuk menggeser posisi mereka apalagi blog saya tersebut masih sangat baru.

20. Untuk lebih spesifiknya lagi, maka saya akan menganalisa “Backlink” dan “PageRank” untuk 10 situs yang terdapat dihalaman pertama tersebut. Saya menggunakan tools gratis dari serpattacks.com, Anda juga bisa download gratis disana kemudian install didekstop Anda.

21. Pada kotak paling atas, saya masukan keyword saya “panduan membuat blog” pada bagian Search engine saya pilih “google” untuk Result saya pilih “10” dan Country saya pilih “Indonesia”. Lalu saya klik search.

22. Tools ini akan menunjukan jumlah backlink dan pagerank untuk 10 situs yang menempati halaman pertama google tersebut. disini saya melakukan filter untuk PageRank usahakan rata-rata < 2 dan untuk backlink usahakan terdapat 3 blog yang memiliki backlink < dari 50 untuk backlink oN-url (bukan domain).

23. Bisa dilihat pada data diatas bahwa, rata-rata pagerank 10 situs yang menempati Halaman pertama google adalah 1,6 . Dan ada 6 situs yang memiliki backlink < 50 untuk backlink OnURL’s ( bukan OnDomain ) karena yang saya perhatikan adalah nilai backlink OnURL’s bukan OnDomain jadi untuk situs yang memiliki backlink tinggi tapi bersifat Ondomain tidak akan saya perhatikan. Kenapa tidak terlalu saya perhatikan, karena kebanyakan blog homepage nya bersifat dinamis, sehingga untuk Onpage SEO nya tidak maksimal. Untuk itu yang saya lihat adalah halaman page dulu. Hal ini sudah pernah saya buktikan untuk “niche” make money dengan hasil pencarian 40.000.000 lebih. Dan blog saya bisa langsung mengambil posisi pertama hanya dalam waktu 3 Hari.

Seperti yang saya katakana sebelumnya bahwa, research keyword merupakan teknik yang banyak variasinya. Setiap internet marketer mungkin akan memiliki teknik research keyword nya sendiri yang terbukti proven untuk mereka. Kali ini saya akan memberikan sebuah teknik research keyword yang berbeda dengan cara biasanya. Cara ini merupakan revolusi dari research keyword konvensional. Artinya disini, “dengan teknik ini Anda akan menemukan sebuah kata kunci yang potensial yang tidak akan Anda temukan jika Anda menggunakan Research Keyword Konvensional” Teknik ini diperkenalkan pada September 2011, artinya sebuah teknik yang masih sangat baru untuk Anda, dan saya yakin tidak banyak orang yang mengetahui cara ini. Saya mendapat teknik ini langsung dari IM Guru saya, yang sebelumnya memperkenalkan sebuah teknik dengan nama “Scientific Niche Research” dan “several Ninja techniques” yang tidak dipublish ke umum. Kali ini sang developed mengembangkan sebuah teknik baru dan baru saja di publish. Dan saya akan jelaskan lebih lanjut teknik tersebut untuk Anda yang terdapat didalam Paket Panduan saya “Rahasia Master S.E.O” yang akan saya launching beberapa hari lagi. Teknik ini sangat unik, karena kita bisa mengetahui nilai-nilai dari sebuah kata kunci yang tidak terlihat. Teknik ini memanfaatkan nilai-nilai dalam Search Volume Broad, Phrase, dan Exact. Dan akhir nya kita akan menemukan sebuah kata kunci yang hilang dari masing-masing type tersebut. seperti yang saya jelaskan diatas bahwa type broad, Phrase dan Exact memiliki hasil pencarian yang berbeda satu sama lain. Mengapa bisa berbeda ? kata kunci apa saja yang membuat berbeda, dan kata kunci apa yang bisa meningkatkan Search Volume. Akan Anda temukan disini.  Karena pada dasarnya keyword lah yang menentukan susah atau tidaknya teknik SEO anda nanti. Maka, untuk research keyword harus benar-benar Anda perhatikan. 
Google Keyword Sabotage (GSK) …  LOL ….

Daffy.shaci

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
iTEKNOPEDIA © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top